Resensi Film "Pengakuan Seorang Pelacur"

Oleh: Puput Puji Lestari
Pemain: Jenny Cortez, Andi Soraya, Andreano Philip, Kissinger Mae, Kanz Randhawa, Ayu Yohana, Tata Liem, Rian Emanuel.

Kisah cinta memang tak pernah habis untuk diabadikan. Mulai dari lukisan, foto, sastra, lagu, juga film. Kali ini PENGAKUAN SEORANG PELACUR mengisahkan kisah cinta insan manusia yang terperangkap pada status sosial. Seorang konsultan investasi Bankir, Michael (Andreano Philip) tak menyangka akan bertemu dengan seorang pelacur bernama Jenny (Jenny Cortez).

Pertemuan mereka terjadi saat mereka sama-sama menginap di sebuah hotel. Jenny menginap untuk melayani tamu, sedangkan Michael menginap untuk urusan bisnis. Hubungan yang dimulai dengan ketidaksengajaan menemukan titik kecocokan. Ketika cinta bersemi dan Michael yakin melamar Jenny, barulah Jenny merasa perlu mengungkap pekerjaannya sebagai pelacur. Dia takut mengecewakan Michael dan keluarganya yang telah sedemikian baik kepadanya. Juga menerima Jenny dengan tulus dan terbuka.

Sejatinya Michael menyadari status dan kedudukannya yang terpandang, akan tercoreng oleh hubungannya dengan Jenny. Meskipun naluri kemanusiaannya bergolak dan berhasrat untuk memberi kesempatan Jenny bertobat. Dalam sebuah wawancara, Michael dengan tegas menggambarkan tunanganya. Merasa bersalah kepada Michael, Jenny berencana melakukan pengakuan dosa di acara yang sama denagn Michael. Dalam pengakuannya Jenny mengisahkan ceritanya.

Sebagai insan yang pernah hidup layak sebagai remaja lainnya awalnya Jenny bernama Alisa (Jenny Cortez). Dia adalah gadis desa yang polos dan cantik, ia sepenuhnya mempercayai Bayu (Rian Emanuel), tunangannya itu akan menikahinya, tetapi kenyataan berkata lain. Ketika Alisa sudah menyerahkan semua miliknya untuk Bayu, tunangannya itu malah menikah dengan gadis lain yang lebih kaya.

Beruntung teman kecil Alisa, Rachel (Andi Soraya) tinggal di Jakarta, jadi Alisa bisa pergi ke sana untuk melupakan Bayu. Di Jakarta ia bertemu dengan Chiko (Kanz Randhawa) pemuda jalanan yang menurut Alisa baik dan bersahabat. Tetapi ketika ia mulai mempercayai pemuda itu, sekali lagi ia dikecewakan. Chiko menaruh obat tidur dalam minuman Alisa saat di cafe dan menjualnya kepada om-om kaya. Kedua kejadian ini membuat Alisa tersadar kalau semuanya hanya karena uang. Akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang pelacur yang berhati dingin, dan mengganti nama menjadi Jenny.

Menggunakan audio monokrom, rasanya seperti menonton film era tahun 80-an. Ditambah alur yang sangat lambat, kebosanan menyerang dari awal hingga akhir cerita. Apalagi dengan alur cerita yang sangat mudah ditebak. Anda pasti bisa membayangkan bagaimana ending cerita ini ketika durasi tayangnya belum sampai mendekati menit 90 saat film selesai. (kpl/uji/nat)
Genre : Drama
Tayang Perdana : 19 November 2010
Sutradara : Andrew Timothy
Produser : Sagar M.m.
Produksi : Mm Creations
Durasi : -

Sumber:
http://www.kapanlagi.com/film/indonesia/pengakuan-seorang-pelacur-pelacur-juga-manusia.html

0 comments:

Post a Comment